DESKRIPSI TRAINING ETIKA KOMUNIKASI PADA PELAYANAN BIROKRASI PEMERINTAHAN

Pelatihan etika komunikasi dalam pelayanan birokrasi pemerintahan sangatlah penting. Ini karena etika komunikasi membentuk dasar interaksi positif antara petugas pemerintah dan masyarakat. 

Selain itu, pelatihan etika komunikasi membantu petugas pemerintah memahami norma-norma dan kode etik yang berlaku, sehingga mereka dapat menjalankan tugas mereka dengan integritas dan profesionalisme.

TUJUAN TRAINING ETIKA KOMUNIKASI

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan.
  • Mengurangi Konflik.
  • Meningkatkan Kepatuhan Hukum.
  • Membangun Kepercayaan Masyarakat.

MATERI TRAINING PELAYANAN BIROKRASI PEMERINTAHAN

  1. Pengantar Etika Komunikasi:
    • Definisi etika komunikasi.
    • Pentingnya etika komunikasi dalam pelayanan publik.
  2. Prinsip-prinsip Etika Komunikasi:
    • Keterbukaan dan transparansi.
    • Jujur dan kejujuran.
    • Menghormati hak asasi manusia.
    • Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan.
  3. Kode Etik dan Pedoman Komunikasi:
    • Menyusun, memahami, dan mengikuti kode etik organisasi atau lembaga.
    • Memahami pedoman komunikasi yang berlaku.
  4. Aspek Interpersonal Komunikasi:
    • Mendengarkan dengan empati.
    • Komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif.
    • Menangani konflik dalam komunikasi.
  5. Komunikasi dengan Masyarakat:
    • Pelayanan pelanggan yang baik.
    • Mengatasi keluhan dan masukan masyarakat.
    • Menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan jelas dan akurat.
  6. Kasus Etika dan Studi Kasus:
    • Menganalisis situasi etika dalam pelayanan publik.
    • Memahami konsekuensi dari pelanggaran etika komunikasi.
  7. Integritas dan Profesionalisme:
    • Pentingnya menjaga integritas dalam komunikasi.
    • Memahami tindakan yang dapat merusak reputasi dan profesionalisme.
  8. Etika dalam Penggunaan Teknologi:
    • Etika dalam penggunaan media sosial dan komunikasi elektronik.
    • Privasi dan keamanan informasi.
  9. Pelatihan Peran dan Simulasi:
    • Bermain peran dalam situasi komunikasi.
    • Simulasi interaksi dengan masyarakat.
  10. Evaluasi dan Pemantauan:
    • Cara mengukur efektivitas pelatihan etika komunikasi.
    • Mekanisme pemantauan dan perbaikan berkelanjutan.

PESERTA TRAINING PELAYANAN BIROKRASI PEMERINTAHAN BATAM

  • Pegawai Pemerintah.
  • Pegawai Pelayanan Publik.
  • Pengambil Keputusan.
  • Pelatih dan Pengajar.

Pemateri/ Trainer Pelatihan Etika Komunikasi Bali

Pelatihan ini akan diberikan oleh Trainer dari kalangan Praktisi, Akademisi dan Konsultan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sebelum pelatihan berlangsung Anda juga dapat berkomunikasi dengan tim training kami untuk menentukan outcome/ kompetensi yang ingin Anda capai setelah mengikuti pelatihan ini.

Metode Pelatihan Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Lombok

Materi yang akan disampaikan dalam training menggunakan metode yang terdiri dari presentasi 20% , Diskusi 20%, dan Praktek kurang lebih 60 % dari keseluruhan materi pelatihan yang akan disampaikan oleh pemateri kami.  Namun jika dirasa metode ini kurang tepat untuk Tim dan Perusahaan Anda, tidak perlu sungkan untuk mendiskusikan hal ini kepada tim training kami sehingga kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan tempat Anda bekerja.

Lokasi Pelatihan Aspek Interpersonal Komunikasi Medan

Training ini dilaksanakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Ibukota DKI Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lombok dan juga kota Batam. Jika Anda membutuhkan pelatihan di kota lain silahkan menghubungi tim marketing kami.

Jadwal Training Terbaru di Tahun 2024

Januari : 16-17 Januari 2024
Februari : 13-14 Februari 2024
Maret : 5-6 Maret 2024
April : 24-25 April 2024
Mei : 21-22 Mei 2024
Juni : 11-12 Juni 2024
Juli : 16-17 Juli 2024
Agustus : 20-21 Agustus 2024
September : 17-18 September 2024
Oktober : 8-9 Oktober 2024
November : 12-13 November 2024
Desember : 17-18 Desember 2024

Jadwal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta

Investasi Training Aspek Interpersonal Komunikasi Kuala Lumpur tahun 2024 ini :

Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Pelatihan untuk Paket Group (Minimal 2 orang peserta dari perusahaan yang sama):

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara)
  • FREE Transportasi Peserta ke tempat pelatihan .
  • Module / Handout
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat
  • FREE Bag or bagpack (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive

Jadwal Pelatihan masih dapat berubah, mohon untuk tidak booking transportasi dan akomodasi sebelum mendapat konfirmasi dari Marketing kami. Segala kerugian yang disebabkan oleh miskomunikasi jadwal tidak mendapatkan kompensasi apapun dari kami.